Optimasi Mesin Pencari Untuk Pemasaran Strategis

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas ke situs web Anda, dan ini adalah teknik kunci untuk platform pemasaran strategis.

Pengoptimalan mesin telusur mendorong lalu lintas ke situs web dengan mencocokkan kata kunci bertarget dengan penelusuran yang dilakukan oleh mesin telusur seperti Google atau Yahoo. Biasanya, situs sebelumnya disajikan dalam daftar hasil pencarian, atau semakin tinggi peringkatnya, semakin banyak orang akan mengunjungi situs tersebut. Jika seseorang melakukan pencarian untuk “kosmetik” dan situs web Anda muncul di posisi pertama pada halaman pertama, lebih banyak orang akan pergi ke situs Anda daripada situs di posisi pertama pada halaman kedua, atau bahkan ke situs yang merupakan posisi kelima pada halaman pertama. Pengoptimalan mesin pencari juga dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, industri khusus, dan mesin pencari vertikal.

Sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penempatan dan relevansi situs, optimisasi mesin pencari mempertimbangkan bagaimana algoritma pencarian bekerja dan apa yang dicari orang. Pengoptimalan mesin pencari mungkin melibatkan pengkodean, penyajian dan struktur situs, serta memperbaiki masalah yang dapat mencegah program pengindeksan mesin telusur dari penjelajahan situs sepenuhnya.

Kelas teknik lain, dikenal sebagai optimasi mesin pencari topi hitam atau spamdexing, menggunakan metode seperti pertanian tautan dan penjejalan kata kunci yang cenderung membahayakan pengalaman pengguna mesin pencari. Mesin pencari mencari situs yang menggunakan teknik ini dan dapat menghapusnya dari indeks mereka.

Sejarah SEO

Webmaster dan penyedia konten mulai mengoptimalkan situs untuk mesin telusur pada pertengahan 1990-an, karena mesin telusur pertama mengatalogkan web awal. Awalnya, semua webmaster perlu lakukan adalah mengirimkan halaman, atau URL, ke berbagai mesin yang akan mengirim spider untuk “merayapi” halaman itu, mengekstrak tautan ke halaman lain darinya, dan mengembalikan informasi yang ditemukan di halaman untuk diindeks . Proses ini melibatkan spider mesin telusur yang mengunduh laman dan menyimpannya di server sendiri mesin telusur, tempat program kedua, yang dikenal sebagai pengindeks, mengekstrak berbagai informasi tentang laman, seperti kata-kata yang dikandungnya dan di mana lokasinya, seperti serta bobot apa pun untuk kata tertentu dan semua tautan yang ada di halaman, yang kemudian ditempatkan ke dalam penjadwal untuk perayapan di kemudian hari.

SEO untuk Strategi Pemasaran Strategis Anda

Memiliki situs web Anda tinggi dalam peringkat mesin pencari adalah cara pemasaran strategis untuk meningkatkan eksposur Anda. Semakin tinggi peringkat Anda di mesin pencari, semakin besar kemungkinan orang mengunjungi situs Anda.

Mesin pencari terkemuka, Google, Yahoo! dan Microsoft, gunakan perayap untuk menemukan halaman untuk hasil pencarian algoritmanya. Halaman yang ditautkan dari halaman yang diindeks mesin pencari lainnya ditemukan secara otomatis dan tidak perlu dikirim secara terpisah. Beberapa mesin pencari, terutama Yahoo, mengoperasikan layanan pengiriman berbayar yang menjamin perayapan baik dengan biaya yang ditetapkan atau biaya per klik. Program-program ini biasanya menjamin inklusi dalam database, tetapi tidak menjamin peringkat tertentu dalam hasil pencarian.

Ini adalah beberapa ide tentang cara mulai berpikir tentang menerapkan pengoptimalan mesin telusur ke rencana pemasaran bisnis Anda. Langkah pertama untuk mendapatkan pelanggan baru adalah dengan mengarahkan mereka ke situs Anda. Optimisasi mesin pencari dapat menjadi bagian penting dari rencana pemasaran strategis Anda yang sukses dengan meningkatkan kemampuan pencarian yang mudah dari situs web perusahaan Anda dan membuat bisnis Anda lebih terlihat.

Hak Cipta (c) 2008 Christian Fea

Leave a Reply